Kamis, 09 April 2009

PERUMAHAN SAWOJAJAR MALANG

PERUMAHAN SAWOJAJAR MALANG

oleh: Erlangga*


Saat berusia empat tahun aku sudah dititipkan kepada nenekku di malang, aku tinggal di perumahan sawojajar. perumahan Sawojajar terletak di kelurahan sawojajar di wilayah Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur. aku bertempat tinggal tepatnya di jalan Danau Bratan perum sawojajar malang. aku menduduki pendidikan taman kanak-kanak dua tahun lamanya di sawojajar ini. Banyak pengalaman-pengalaman yang kudapatkan ketika bersekolah di malang. Ketika pendidikanku di Tk sudah usai aku pindah ke bekasi untuk melanjutkan pendidikan ke sekolah dasar.

Dua belas tahun kemudian aku kembali ke malang untuk menimba ilmu di bangku perkuliahan. Aku tetap tinggal di perumahan sawojajar, akan tetapi sekarang aku tidak lagi tinggal di Jalan Danau Beratan melainkan aku tinggal di Danau Semayang V. Banyak sekali perubahan-perubahan yang kulihat di perumahan sawojajar ini, memang wajar karena sudah berjalan 12 tahun lamanya.

Di sawojajar ini sekarang lebih banyak di bangun rumah-rumah, Jika dulu, dua belas tahun yang lalu masih banyak terdapat hamparan-hamparan sawah yang luas. Hamparan sawah yang luas ini bisa dijadikan daerah serapan air untuk mencegah banjir, maka sayang sekali jika harus dihilangkan.

Perumahan sawojajar memiliki prinsip Rumah yang layak bagi semua, yaitu rumah merupakan hak bagi setiap orang untuk memilikinya, untuk memiliki rumah yang layak. Perumahan sawojajar ini menganut sistem pembangunan formal. Perum. Sawojajar ini termasuk Perumnas (Perumahan Nasional), Pembangunan yang perencanaannya maupun pengelolanya dikerjakan oleh pemerintah, disini pemerintah telah membangun dan menyediakan rumah dalam bentuk sudah jadi dan menggunakan standar rumah yang ideal. sebagian masyarakat sawojajar telah banyak merubah kondisi rumah mereka sendiri, dan juga membangun bangunan rumah sendiri. Akan tetapi masyarakat sawojajar ini sudah mengerti standar rumah yang sehat, ini jelas terlihat dari segi bangunannya dan kebersihannya.

Dari segi bangunan rumahnya, perumahan sawojajar ini sudah memenuhi syarat rumah sehat. Yaitu telah Memenuhi segi kesehatan, Memenuhi segi kekuatan bangunan, Memperhatikan segi kenyamanan, dan Memenuhi segi keterjangkauan. Perumahan Sawojajar juga memiliki fasilitas umum yang memadai, seperti sekolah: TK, SD, SLTP, SLTA, SMK. Fasilitas Kesehatan: Pukesmas dan Posyandu, Kantor Pemerintah: Kelurahan. Hal ini terlihat perencanaan sawojajar yang baik yang memenuhi fasilitas umum. masyarakat disini rata-rata berpenghasilan sederhana, tidak rendah dan juga tidak tinggi. Gaya hidup mereka pun sederhana, Masyarakat kebanyakan lebih memilih untuk membuka usaha, seperti warung, ruko, swalayan dll. Mayoritas penduduk atau masyarakat disini menganut agama islam, maka tidak heran kalau sering dijumpai masjid-masjid. Di sawojajar penempatan-penempatan jalan atau nama jalannya sedikit tidak tertata. Nomer Nama jalan tidak urut sesuai dengan nomernya hal ini dapat membingungkan pengguna jalan. Sebagai contoh Jl. Danau semayang I, Jl. Danau Semayang III, JL. Danau Semayang II dan seterusnya.

Kondisi jalan di perumahan ini rata-rata menggunakan paving adapun sawojajar dua yang menggunakan aspal. Akan tetapi sangat di sayangkan jalan perempatan perbatasan antara sawojajar satu dan dua mengalami banyak kerusakan. Jalan sudah banyak berlubang dan yang lebih parah hanya di tutupi dengan sisa material bangunan. Jika seperti itu terus maka kondisi jalan akan semakin parah. Hal ini sangat meresahkan warga kususnya saya sendiri. Jika hujan turun air hujan menggenangi jalan yang berlubang, ini bisa membahayakan pengguna jalan karena pengguna jalan tidak melihat lubang yang tertutup oleh air hujan. masyarakat atau warga sekitar berharap jalan itu dapat diperbaiki oleh pemkot malang yang memegang fasilitas umum dan sosial di Perumahan Sawojajar ini.
kalau ada yang INGIN memberi tanggapan yang tidak setuju dengan artikel saya di atas maka boleh berkomentar.
saya disini hanya ingin berdiskusi ..
TERIMA KASIH.

1 komentar: